Aplikasi VAK-ZA, Langkah Nyata Tim Pengabdian UMMA Wujudkan Pembelajaran Berdiferensiasi di Maros

Maros — Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muslim Maros (UMMA) memperkenalkan Aplikasi Digital Identifikasi Gaya Belajar VAK-ZA kepada guru dan siswa SMP Negeri 28 Satap Salenrang, Desa Salenrang, Kecamatan Maros Utara, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2025.

Peluncuran ini bukan sekadar perkenalan aplikasi, tetapi langkah awal penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah tersebut. Dengan aplikasi VAK-ZA, guru dapat mengetahui gaya belajar setiap siswa—Visual, Auditory, atau Kinesthetic—dalam hitungan menit. Hasil identifikasi langsung disertai rekomendasi strategi belajar yang sesuai, sehingga guru dapat menyesuaikan metode mengajar berdasarkan kebutuhan masing-masing siswa.

Ketua Tim Pengabdian, Dr. Zul Astri, menegaskan bahwa teknologi ini dirancang untuk mempermudah guru sekaligus memberdayakan siswa. “Ketika siswa memahami cara belajar yang paling sesuai dengan dirinya, mereka akan lebih percaya diri dan termotivasi. Guru pun terbantu dalam merancang pembelajaran yang lebih efektif,” ujarnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 18 peserta yang terdiri dari guru dan staff dan 179 siswa yang terlibat dalam sesi instalasi aplikasi. Respon positif terlihat dari antusiasme peserta, terutama saat mencoba fitur identifikasi dan membaca hasilnya.

Tim pengabdian UMMA berharap, keberhasilan peluncuran di SMP Negeri 28 Satap Salenrang dapat menjadi inspirasi bagi sekolah lain di Maros untuk mengadopsi pendekatan serupa demi pembelajaran yang lebih personal dan berkualitas.

Previous Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *