Seminar Matematika Pelajar Sekabupaten Maros

HIMATIKA FKIP Universitas Muslim Maros menggelar Seminar Matematika bagi siswa-siswi SMA/MA se-kabupaten Maros, di gedung Pendopo Baruga B Bupati Maros, Minggu (24/11/2019).
Seminar ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh HIMATIKA yang bertujuan untuk mengubah persepsi tentang matematika, sesuai dengan tema kegiatannya “Matematika itu MEAN (Mudah, Menyenangkan, Asyik, Nyaman)”.
Ketua Panitia, Muh. Arif menuturkan, kegiatan seminar matematika ini dihadiri oleh siswa-siswi SMA yang berada di Kabupaten Maros dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang menjadi pemateri adalah dosen pendidikan matematika, namun pada tahun ini kami juga mengundang dosen psikologi dari FKIP Universitas Muslim Maros.
“Pesertanya adalah pelajar sekabupaten Maros, dan adapun pembawa materi pada kegiatan seminar ini yaitu Ibu Khaerani, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pendidikan matematika dan Ibu Ita Suryaningsih, S.Psi.,M.A. selaku dosen pendidikan bahasa dan sastra Indonesia,” ujar Arif.
Sementara itu, ketua program studi Pendidikan Matematika, Nirfayanti, S.Si., M.Pd menuturkan bahwa melalui kegiatan seminar ini, para peserta diharapkan untuk mengubah pemikirannya yang menganggapbahwa matematika itu mata pelajaran yang sulit.
“Ini juga untuk mengubah paradigma siswa, yang selalu berpikiran bahwa matematika itu sulit. Padahal, kalau kita tahu rumusnya, ini sangat mudah dan menyenangkan,” tuturnya.
Ungkapan yang sama juga disampaikan oleh Dekan FKIP UMMA, Hikmah Rusdi, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya ia mengatakan, tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk mempelajari suatu mata pelajaran maka kenali dan pahamilah dasar dari konsep mata pelajaran tersebut.
“Dalam era teknologi 4.0, pelajaran matematika dapat dipelajari melalui google ataupun youtube, namun tidak menutup kemungkinan bahwa proses penyelesaian soal matematika tersebut ada yang membingungkan, sehingga perlu adanya suatu bantuan dan bimbingan dari teman sejawat, guru ataupun keluarga, tambahnya,” tutup Hikmah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *