Study Tour mahasiswa FEB UMMA ke PERKASA GROUP PT. SINAR TERANG MADANI

Universitas Muslim Maros. Tenaga pendidik (dosen) di Perguruan Tinggi harus mampu memodifikasi metode dalam pembelajaran agar mahasiswa semangat dan tidak mengalami kejenuhan dalam mengikuti proses belajar mengajar. Pemberian materi oleh dosen kepada mahasiswa di dalam kelas biasanya mengalami kejenuhan dan membuat mereka hanya berimajinasi semata. Study tour merupakan salah satu jawaban atas masalah tersebut, karena dengan pelaksanaan study tour mereka diajak untuk melihat langsung fakta di lapangan. Teori yang diperoleh di dalam kelas mampu disandingkan dengan praktek di dunia nyata.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Maros (FEB UMMA) Program Studi Manajemen Strata Satu (S1) dan Program Studi Manajemen Pemasaran Diploma Tiga (D3) melaksanakan Study Tour ke PT. Sinar Terang Madani di Makassar yang berjumlah sekitar 70 orang mahasiswa yang didampingi oleh Dekan FEB UMMA dan dosen Pendamping 3 (tiga) orang.

Yanto Sarira, S.E. (General Manager Perkasa Group) menyambut dengan hangat dan baik kedatangan mahasiswa dari FEB UMMA. Dia mengatakan bahwa pihak mereka sangat senang atas kedatangan para mahasiswa dengan didampingi langsung oleh Dekan dan beberapa dosen pendamping. Harapan yang sangat besar diharapkan dapat terjalin antara pihak perusahaan dengan pihak universitas dalam rangka pengembangan dunia usaha di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan. Hubungan kerjasama yang dimaksud dalam bentuk Momerandum Of Understanding (MOU) sehingga pihak perusahaan dengan universitas dapat saling memberi kontribusi positif dalam berbagai hal.

Dr. Dahlan, S.E., M.M. (Dekan FEB UMMA) mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Perkasa Group atas kesediaan menerima mahasiswa FEB UMMA dalam rangka melaksanakan kegiatan Study Tour dan menawarkan MOU. Kegiatan ini dinilai sangat baik diterapkan dalam rangka keberhasilan capaian pembelajaran oleh dosen pada mata kuliah yang diampu. Bagi pihak perusahaan sendiri juga diharapkan dapat memperoleh manfaat yang sama karena Perguruan Tinggi merupakan pencetak SDM agar menjadi berkualitas, sehingga dari kegiatan ini dapat terjalin hubungan kerjasama yang baik dimana universitas sebagai penyedia dan perusahaan pemakai SDM. Penandatanganan MOU akan secepatnya ditindaklanjuti demi kebaikan bersama (tegasnya).

Syamsul Bakhtiar Ass, S.E., M.M. (Ketua Program Studi Manajemen Pemasaran FEB UMMA) sangat bersyukur karena kegiatan study tour dapat berjalan dengan lancar mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaan meskipun terdapat kendala sebagai hal yang lumrah dalam kegiatan yang nantinya dijadikan sebagai bahan evaluasi ke depannya. Tujuan utama dari pelaksanaan study tour ini adalah sebagai upaya untuk membuat menarik proses perkuliahan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Mahasiswa diajak terjun langsung ke perusahaan untuk menyandingkan teori yang diperoleh di kelas dengan praktek di dunia nyata. Mata kuliah studi kelayakan bisnis membahas tentang faktor internal dan eksternal perusahaan dan mata kuliah ekonomi lingkungan terkait dampak aktifitas perusahaan terhadapa lingkungan. Oleh karena itu, pelaksanaan kegiatan study tour dan Perkasa Group sebagai objeknya sudah sangat sesuai pelaksanaannya.

Dalam pelaksanaan kegiatan study tour, mahasiswa FEB UMMA telah menjalankan visi universitas yaitu sebagai pelestari lingkungan yaitu tidak memakai sampah pelastik dengan membawa botol minuman sendiri.

Dosen pendamping yang turut serta dalam kegiatan yaitu Sarnawiah, S.E., M.Si. (Ketua Program Studi Keuangan dan Perbankan) dan Nur Asia Hamid, S.E., M.M. Pemateri dari pihak perusahaan yaitu Ayip Abubakar, S.E., M.M. (HRD Perkasa Group), Sugeng Supriyanto, S.E. ( Mgr Breeding Farm Perkasa Group)

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.