Pembekalan KKN Angkatan III Tahun 2020

Universitas Muslim Maros bekali mahasiswa sebelum dilepas untuk mengabdikan diri di masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Sebelum ke lokasi pengbadian, terlebih dahulu dilakukan pembekalan sekaligus pelepasan mahasiswa KKN Universitas Muslim Maros, Sabtu 25 Januari 2020.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pemerintah Kabupaten Maros yang dihadiri oleh sejumlah Civitas Akademika UMMA dan pembicara kunci yaitu Tim Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sulawesi dan Maluku dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Bapak Amal Hasan dengan materi Inovasi Teknologi Pembelajaran.

“KKN kali ini mengusung tema Kampung Ramah Lingkungan sebagai salah satu upaya dalam mendukung pelestarian lingkungan dan kearifan lokal” tutur Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMMA selaku Penanggungjawab dan juga LPPM UMMA, Dr. Suhartina R., S.Pd., M.Hum.

Ia juga melaporkan sebanyak 430 orang mahasiswa UMMA yang akan disebar di Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep.

“Tiga Kecamatan di Kabupaten Maros yaitu Kecamatan Tanralili, Simbang, dan Tompobulu yang terbagi dalam 18 Desa, Sementara itu di Kabuoaten Pangkep tersebar di 6 Kecamatan di 12 Desa,” imbuhnya.

Rektor Universitas Muslim Maros, Prof. Nurul Ilmi Idrus, M.Sc., Ph.D. yang hadir dan membuka acara mengatakan UMMA dengan Visinya sebagai Universitas Pelestari dan Pemerhati Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal akan terwujud melalui langkah kecil dan UMMA hadir untuk mengawalinya.

“Lingkungan tidak hanya berbicara tentang kebersihan sampah, namun juga berkaitan dengan lingkungan sosial dan beragama, sehingga sebagai Universitas yang berlabel Muslim patutlah memperhatikan dan mendorong perwujudan nilai-nilai Islam yang terimplementasikan di masyarakat,”terangnya.

Pembekalan ini akan dilanjutkan dengan kegiatan praktek sehingga Mahasiswa KKN-UMMA benar-benar dipersiapkan untuk terjun kemasyarakatan untuk melakukan pengabdian.

“Mahasiswa sebagai agent of change dan seluruh stake holder diharapkan dapat bekerjasama dan mendukung kelancaran kegiatan KKN-UMMA Angkatan III 2020 yang akan dimulai pada tanggal 3 Februari 2020,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *